Selasa, 02 Februari 2010

Pengenalan dan Penanggulangan Spyware

APA ITU SPYWARE....?
  • Spyware adalah Software yang melacak penggunaan Internet dan melaporkannya ke pihak lain, seperti pembuat iklan. Biasanya proses pelacakan tidak diketahui oleh pengguna software tersebut.
  • Dewasa ini spyware sudah dijadikan alat untuk mencari data pribadi pada sebuah komputer dan menjadikan komputer korban sebagai mata-mata tanpa diketahui pemiliknya.
Bagaimana Mengenali Spyware....?
  1. Komputer menjadi lambat, bahkan jika dijalankan tanpa menggunakan banyak program.
  2. Perubahan setting browser dimana user merasa tidak pernah merubah atau menginstalnya. Banyak kasus start page browser berubah tanpa sebab yang jelas dan bahkan tidak bisa dirubah walaupun secara manual.
  3. Gejala lain munculnya toolbar yang menyatu dengan komponen toolbar browser.
  4. Aktivitas mencurigakan. Banyak user melaporkan komputer mengakses harddisk tanpa campur tangan user. Koneksi internet menunjukkan aktivitas, meskipun user tidak menggunakannya. Munculnya icon-icon baru yang tidak jelas pada tray icon. Semuanya ini menandakan adanya aktivitas background yang sedang bekerja pada komputer user.
  5. Muncul iklan pop up setiap kali user terkoneksi dengan internet. Pop up ini akan muncul terus-menerus walaupun sudah di close secara manual. Isi dari pop up tersebut bahkan tidak ada hubungannya dengan situs yang sedang dibuka oleh user. Pop up tersebut dapat berupa tampilan situs porno atau junk site lainnya.

Bagaimana Cara Penularan Spyware....?
  1. Umumnya program jenis spyware masuk secara langsung dengan mengelabuhi pemakai internet. Bisa saja seseorang yang membuka website dan secara tidak sengaja menerima sebuah peringatan dan melakukan apa yang dikehendaki oleh si pembuat website.
  2. Spyware dapat menular lewat beberapa software yang digunakan untuk pertukaran file video, musik dan gambar.
Mengapa Spyware Berbahaya....?
  1. Dapat menghabiskan resource system komputer seperti memori dan space harddisk.
  2. Mengganggu privasi user dengan memberikan informasi keluar mengenai kebiasaan user menggunakan komputer.
  3. Jika suatu program spyware menginstall program "keylogger", maka program tersebut dapat merekam aktivitas pengetikkan tombol keyboard dan mengirimkannya ke pihak lain.
  4. Beberapa program spyware kenyataannya adalah Trojan yang memungkinkan seseorang masuk kedalam komputer user dan menggunakannya untuk mengirimkan email spam ataupun serangan-serangan "tak bertuan" ke komputer lain dalam jaringan internet.

Tidak ada komentar: